Selasa, 27 April 2010

Cara Mengatasi Gangguan Belajar

Gangguan Belajar Pada Anak

DSM-IV mendefinisikan gangguan belajar atau ketidakmampuan belajar sebagai ketidak cocokan antara skor IQ berdasarkan prestasidan usiaserta tingkat kelas,yakni perestasi akademik tertentu sebagaimana di ukur tes standar(baku) yang di berikan secara individual berada dari usia kornologiste intelegensi,dan pendidikan yang sesuai dengan usia orang itu.anak- anak yang mengalami gagguan belajar akan mengalami masalah- masalah emosional atau tingkah laku, tetapi secara luas gangguan itu cukup menolak pandangan bahwa gangguan belajar harus terlepas dari masalah emosional atau tingkah laku. Apakah ini termasuk gangguan psikologis? Atau lebih tepat kalau dianggap sebagai masalah edukasional? Beberapa kritikus telah mengemukakan menyebut masalah- masalah ini dianggap sebagai gangguan psikologis menunjukan suatu” imprialisme psikologis psikiatri dimana para psikolog atau menguasai masalah – masalah di luar yang berada di luar bidang mereka

Penyebab Gangguan Belajar

Penyebab ketidakmampuan belajar sampai sekarang belum di ketahui dengan jelas, factor genetic , kesulitan- kesulitan dalam fungsi otak pengaruh-pengaruh kognitif dan motivisional telah di teliti dan kemungkinan ada hubungannya ketidak mampuan belajar tetapi tidak di ketahui dengan pasti, misalnya apakah kemampuan belajar di sebabakan kekurangan dalam proses kognitif atau kekurangan dalam proses kognitif atau kekurangan dalam proses kognitif atau kekurangan dalam motivasi atau prestasi

Perawatan

Orang tidak dapat meremehkan kecemasan orang tua terhadap anaknya yang meskipun normal,tetapi ketinggalan dalam membaca atau tidak dapat berbicara secara efektif normal seperti anak seusianya.usaha- usahaprofesional untuk menyembuhkan ketidakmampuan belajar ini mulai mengunakan obat obat stimulant dan obat obat penenang sampai pada usia melatih aktivitas-aktivitas motor anak dengan harapan supaya hubungan syaraf pada otak bisa normal kembali.

Cara Mengatasi Gangguan Belajar

Bagaimana membuat proses belajar itu mendatangkan cita rasa manfaat dan kegunaan utama yang dapat langsung merasang menantang dan memuasakan anda. Anda harus membuat stigma tentang belajar dari yang dianggap beban suatu kewajiban dan menjemukan menjadi suatu aktivitas yang menggairakan,menantang dan memuaskan sehingga anda untuk membangkitkan minat dan perhatian anda terhadap belajar sebagai suatu kebutuhan.

Cara membangun konsentrasi belajar

Tanpa konsentrasi belajar maka hasil belajar tentu sangat rendah atau tidak optimal. Jika seseorang mengalami gangguan belajar ketika belajar bagaimana menjadi berprestasi
Menurut Thomas alva Edison, peranan IQ itu hanya 1% sja menunjang keberhasilan seseorang, namun yang 99% adalah kemauan dan kerja keras. Tentu anda berharap dapat melakuakan belajar dengan perasaan gembira kalau guru menerangkan anda langsung nyambung. Begini caranya mengikuti pelajaran sama asyiknya dengan menonton flim kartun atau flim yang jadi kegemaran anda setelah mengikuti pelajaran sama anda menjabarkan jalinan cerita flim dengan baik dari awal sampai akhir cerita.

Dorongan Berprestasi

Menurut JP Chaplin ( Dictionary of Psychology) dorongan prestasi di artikan sebagai:

1. kecenderungan untuk mencapai sukses atau memperoleh apa yang menjadi tujuan akhir yang di hendaki
2. keterlibatan diri seseorang terhadap sesuatu tugas
3. harapan untuk berhasil dalam suatu tugas yang di berikan
4. dorongan untuk mengatasi rintangan- rintangan atau perjuangan untuk melakukan pekerjaan- pekerjaan sulit secara cepat dan tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar